WELCOME TO MY BLOG ANAK SIAPPUDAN KEMAMPUAN ITU BUKAN BERATI KEHEBATAN KEPADA SESEORANG MANUSIA, TETAPI PERSAHABATAN ITU SANGAT BERARTI BUAT KEKUATAN BAGI MANUSIA . BUKAN SELAMANYA UANG ITU BISA MEMBUAT KITA KALAH, TAPI UANG MEMANG MEMPUNYAI KEKUATAN. SALAM : JOHN S S JAWAK -----------------------------------------------------

Jumat, 17 April 2009

KESEHATAN ALAT REPRODUKSI DAN SEKSUALITAS REMAJA










Banyak diantara kita malu untuk membicarakan masalah seks dan masih menganggap seks sebagai sesuatu yang tabu untuk dibicarakan. Akan tetapi tak bisa dipungkiri bahwa seksualitas adalah sesuatu yang penting untuk diketahui. Seksualitas tak hanya dihubungkan dengan hubungan seks ataupun berganti-ganti pasangan. Seksualitas dapat pula ditinjau dari bagaimana kita menghargai diri sendiri. Bagaimana kita merawat suatu sistem yang diciptakan oleh Tuhan secara spesifik pada setiap manusia yaitu Sistem Reproduksi.

Selain mempelajari lebih jauh tentang sistem kelamin kita, kita juga perlu lho untuk mengetahui bagaimana sistem reproduksi lain bekerja. Nah untuk mengenal sepintas mengenai sistem reproduksi baik pria maupun wanita dan informasi seputar seksualitas di kalangan remaja simak informasi berikut yach...


SISTEM REPRODUKSI PRIA





Sistem reproduksi pria memproduksi sperma. Sperma adalah sel yang bisa bergabung dengan sel telur dari wanita untuk membentuk keturunan. Sistem ini juga membuat hormon-hormon seksual pria yang diperlukan untuk produksi sperma serta perkembangan seksual pada pubertas. Kelamin pria terdiri dari penis, testis, dan scrotum, yang merupakan tempat bergantungnya testis. Masing-masing testis dipenuhi oleh tubula seminiferus yang merupakan daerah tempat produksi sperma. Sperma disimpan dalam epididimis yaitu suatu saluran bergelung-gelung yang terdapat pada masing-masing testis. Sebuah saluran lain yaitu vas deferen menghubungkan setiap epididimis ke sebuah saluran ejakulasi yang terhubung ke uretra. Jadi uretra merupakan penggabungan dua saluran tempat lewatnya urin ataupun sperma sebelum dikeluarkan ke luar tubuh.

Selain itu pria memiliki tiga kelenjar yaitu sepasang seminal dan sebuah kelenjar prostat yang mengeluarkan cairan untuk membawa dan menyuburkan sperma.



Cairan ini bersama sperma membentuk cairan yang disebut semen. Pada kegiatan seksual jaringan erektil penis terisi darah yang membuat penis memanjang dan kaku agar bisa memasuki vagina wanita. Saat ejakulasi kontraksi otot memancarkan semen sepanjang vas deferens, menuruni uretra dan keluar dari penis. Ejakulasi sering kali disertai orgasme (kepuasan seksual).

Pubertas adalah masa berkembangnya karakteristik seksual dan matangnya organ seksual. Pada anak laki-laki, pubertas biasanya dimulai antara usia 12 dan 15 tahun dan berlangsung selama 3 sampai 4 tahun. Kelenjar pituitari di dasar otak mulai mengeluarkan hormon perangsang testis untuk memproduksi hormon testosteron. Hormon ini memicu perubahan seperti pembesaran alat kelamin dan tumbuhnya rambut-rambut tubuh (sering disalah artikan sebagai ”bulu”), produksi sperma serta peningkatan dorongan seksual.
Begitu memasuki masa pubertas sperma terus menerus dibuat di testis. Sekitar 125 juta sperma dapat diproduksi dalam sehari. Sperma yang matang di simpan di sebuah saluran bergelung yang disebut epididimis yang terletak di belakang testis. Sperma akan tersemburkan keluar saat kegiatan seksual atau diserap kembali ke dalam tubuh.
Apa itu mimpi basah?

Remaja laki-laki memproduksi sperma setiap harinya. Sperma tidak harus selalu dikeluarkan, ia dapat diserap oleh tubuh. Sperma bisa dikeluarkan melalui proses yang disebut ejakulasi, yaitu keluarnya sperma melalui penis. Ejakulasi bisa terjadi secara alami (tidak disadari oleh remaja laki-laki) melalui mimpi basah.


SISTEM REPRODUKSI WANITA




truktur internal sistem reproduksi wanita antara lain indung telur, tuba falopian, rahim dan vagina yang terdapat di bagian sepertiga bawah perut. Indung telur mengandung folikel yang menyimpan telur, yaitu sel-sel yang bisa bergabung dengan sperma dari pria untuk membentuk keturunan. Setiap bulan sebuah telur menjadi matang dan dilepaskan dari indung telur. Fimbriae mengarahkan telur ke tuba falopian (tempat terjadinya pembuahan) yang akan mendorongnya ke rahim.



Vagina merupakan saluran berdinding otot yang menghubungkan rahim dengan luar tubuh. Struktur luar umum disebut vulva meliputi klitoris yang peka serta lipatan kulit yang disebut labia bertugas melindungi jalan masuk vagina dan uretra. Tepat di balik vagina terdapat kelenjar Bartholin yang mensekresi cairan pelumas saat berhubungan kelamin.

Pubertas adalah masa dimana karakteristik seksual berkembang dan organ seksual menjadi matang. Pada anak perempuan pubertas dimulai saat usia sekitar 10 dan 14 dan berlangsung sampai 3-4 tahun. Kelenjar pituitari mulai mengeluarkan hormon yang merangsang indung telur untuk menghasilkan hormon perempuan progesteron. Hormon-hormon ini memicu mulainya perubahan fisik seperti pembesaran payudara dan pinggul serta tumbuhnya rambut kemaluan dan ketiak. Selain itu hormon tersebut juga merangsang ovulasi dan haid.


Masa Subur

Masa subur adalah masa dimana terjadinya pelepasan sel telur pada perempuan. Titik puncak kesuburan terjadi pada hari ke 14 sebelum masa menstruasi berikutnya. Tetapi tanggal menstruasi berikutnya sering kali tidak pasti pada remaja. Biasanya diambil perkiraan masa subur 3-5 hari sebelum dan sesudah hari ke 14 tersebut. Pada masa remaja pencegahan kehamilan dengan tidak melakukan hubungan seksual pada masa subur (sistem kalender), tidak dapat diandalkan. Ini disebabkab siklus mentruasi pada remaja perempuan biasanya tidak teratur.


Siklus Haid Pada Wanita

Selama siklus haid tubuh wanita siap untuk menghadapi kehamilan. Siklus ini diatur oleh empat hormon seksual. Hormon perangsang folikel dan hormon peluruh yang disekresi oleh kelenjar pituitari menyebabkan sebuah telur di folikel menjadi matang dan dilepaskan. Telur dan folikelnya mengeluarkan hormon estrogen dan progesteron yang membuat dinding rahim menebal. Telur yang terbuahi akan membenamkan diri ke dinding rahim tersebut . Bila tidak terbuahi telur akan keluar dari tubuh bersama darah dan sel-sel dinding tersebut saat haid. Siklus berlangsung selama 28 hari namun bisa bervariasi setiap bulannya dan bisa berbeda pada setiap perempuan. Jarak antara satu haid dengan haid berikutnya tidak sama pada setiap orang. Adakalanya 21 hari atau bisa juga 35 hari.

Pada masa sekitar menstruasi, menjelang dan sesudah menstruasi sebagian remaja perempuan diliputi suasana yang tidak menentu dan juga perasaan yang kurang nyaman atau terasa sakit di sekitar bawah pusar. Hal in bisa saja membuat seorang perempuan menjadi cepat lelah dan mudah tersinggung perasaannya.



Payudara






Payudara sering dikaitkan dalam membangkitkan gairah seksual, namun peran utamanya adalah menghasilkan air susu untuk bayi. Selama pubertas hormon estrogen menyebabkan payudara tumbuh dan berkembang. Selama kehamilan, perubahan hormonal membuat payudara semakin membesar dan pada kehamilan berlanjut merangsang produksi susu oleh kelenjar pada payudara. Kelenjar ini akan terhubung ke saluran yang menuju kanal ampulae yang terbuka ke arah permukaan puting. Jaringan lain dari payudara adalah lemak dengan sejumlah kecil jaringan penghubung yang membantu menopang payudara.

* Pemeriksaan payudara perlu dilakukan oleh wanita dan pria untuk mendeteksi kemungkinan kanker payudara.




TIPS: MENJAGA KESEHATAN ORGAN KELAMIN

Organ kelamin merupakan organ yang sangat penting bagi setiap individu. Organ ini sangatlah rentan terhadap berbagai perubahan jadi perlu tetap dijaga kesehatannya. Beberapa tips berikut dapat digunakan sebagai pedoman menjaga kesehatan organ kelamin kita.

1. Bersihkan organ kelamin tiap hari dengan air bersih . Untuk para laki-laki terutama yang tidak disunat usahakan bersihkan bagian dalam penutup kepala penis. Kotoran yang terdapat di dalam (disebut smegma) dapat memicu terjadinya kanker. Jadi harus dibersihkan tiap hari. Bagi yang tidak disunat, pastikan penutup kepala penis telah terbuka secara sempurna. Jika masih menempel sangat berisiko menimbulkan penyakit. Jadi usahakan untuk melepaskannya. Jika mengalami kesulitan segera ke dokter untuk diberikan penanganan.
2. Sedangkan para wanita juga perlu membersihkan organ kelamin tiap hari dengan air bersih. Saat datang bulan terutama saat masa-masa ”banyak”, bersihkanlah dan gantilah lebih sering untuk mencegah tumbuhnya bakteri pada pembalut yang digunakan. Bersihkan kelamin setelah buang air besar yaitu dengan gerakan searah dari depan ke belakang . Meskipun sepele tapi hal ini sangat penting mengingat bakteri pada anus dapat berpindah apabila arah membersihkan terbalik. Jadi berhati-hati yach..
3. Usahakan mencukur pendek rambut kemaluan secara berkala. Jangan biarkan rambut kemaluan kalian tetap panjang/berjuntai-juntai karena merupakan habitat bagi bakteri. Akan tetapi jangan mencukur habis rambut kemaluan kalian. Rambut kemaluan memiliki bakteri flora normal yang berguna menjaga kesehatan kelamin kalian.
4. Gantilah celana dalam minimal dua kali sehari. Celana dalam sangat riskan menjadi habitat bakteri yang tak berguna apabila dalam kondisi kotor ataupun lembab akibat keringat.
5. Hindarkan organ kelamin dari paparan cairan berbahaya ataupun gelombang elektromagnet kuat (contoh sinar X). Khusus untuk para lelaki usahakan menghindari penggunaan celana ketat ataupun menempelkan sesuatu yang hangat/panas (contoh:laptop) di atas paha ataupun pada kelamin anda. Hal ini berpengaruh pada sistem produksi sel-sel kelamin kalian. Tetap berhati-hati yach.



HUBUNGAN SEX... YA ATAU TIDAK?






Salah satu godaan yang paling berat yang dialami remaja adalah antara ya dan tidaknya melakukan hubungan seksual. Setiap orang tua tentu sangat mengkhawatirkan segala tindakan anaknya terhadap kemungkinan melakukan hubungan seksual pada saat remaja. Hal ini sangat riskan menimbulkan berbagai permasalahan seperti kehamilan yang tidak diinginkan (KTD) mengingat faktor fisik ataupun psikis remaja secara umum masih belum siap untuk menghadapi perubahan yang berisiko mengubah masa depan kita tentunya. Pertanyaannya, sudah siapkah kita terhadap perubahan tersebut?


Percayalah bahwa diri kita dapat membuat keputusan terbaik, yaitu dengan tidak melakukan sex sebelum menikah. Ingat bahwa kita memiliki hak untuk:

* Mengubah pikiran kalian
* Memutuskan hal yang terbaik bagi diri kalian
* Memutuskan ”TIDAK” dan memaknainya dengan mengikuti kegiatan positif
* Meninggalkan situasi atau lingkungan yang tidak mendukung kalian untuk tidak terpengaruh hal tersebut

Mungkin banyak di antara kita yang belum sadar bahwa orientasi seksual dimulai sebelum kita memasuki masa pubertas. Pemilihan orientasi seksual merupakan bagian dari perkembangan psikis dan fisik. Meskipun orientasi dapat menyimpang seperti pada kaum homoseksual (gay ataupun lesbian), orientasi seksual bukanlah sesuatu yang dapat diputuskan oleh orang lain, melainkan hak dari diri setiap manusia. Homoseksual dikatakan normal apabila bisa diterima di suatu budaya tertentu dan dikatakan tidak normal apabila tidak diterima di budaya yang lain, tetapi dalam bersikap kita sebaiknya tetap menghargai manusia tanpa membedakan orientasi seksualnya.


Jika kita memutuskan untuk tidak melakukannya adalah keputusan terbaik mengingat diri kita sebagai remaja masih memiliki waktu panjang untuk untuk menyatakan diri telah siap melakukannya. Yang jelas, Tidak ada metode SEX apapapun yang benar-benar aman!! Hal yang paling aman tentu dengan tidak melakukan hubungan seksual sebelum menikah.



PENYAKIT MENULAR SEKSUAL


Penyakit menular seksual biasanya ditularkan dari orang ke orang melalui kontak seksual, tidak hanya hubungan kelamin tapi juga melalui anal ataupun oral. Data menunjukkan 2/3 orang dengan penyakit menular seksual terinfeksi sebelum umur 25 tahun. Jika kita berpikir bahwa kita dapat mengenali seseorang yang memiliki PMS atau tidak, berarti kita SALAH. Tidak semua jenis PMS memiliki gejala yang dapat dilihat dari luar. Banyak PMS justru tidak menunjukkan gejala yang dapat diamati.
Berikut contoh penyakit yang ditularkan melalui hubungan seksual/penyakit menular seksual (PMS).

* Chlamydia
PMS yang paling umum yang dapat menyebabkan sterilitas. Infeksi ini sering tidak menunjukkan gejala yang jelas.
* Gonorrhea
Salah satu PMS yang paling umum dan dapat disembuhkan. Dapat ditularkan melalui hubungan seksual, anal ataupun oral.
* Genital Human Papiloma Virus
Sering menimbulkan kutil pada alat kelamin. Beberapa tipe menunjukkan kemungkinan mengarah terhadap terjadinya keganasan seperti kanker serviks, penis ataupun anus. Pap Smear adalah salah satu tes yang direkomendasikan untuk memeriksa/mendeteksi dini kemungkinan terjadinya kanker serviks pada wanita.
* Herpes
Infeksi yang sangat nyeri yang disebabkan oleh virus. Kalian dapat membawa virus tersebut tanpa gejala dan tetap berpotensi menularkan virus ini. Herpes dapat dirawat tapi sulit disembuhkan total.
* Hepatitis B
Infeksi ini dapat menyebabkan infeksi kronis dan kerusakan hati permanen bahkan kematian. Hepatitis B sangat menular dan ditularkan lewat cairan tubuh atau darah. Meskipun berbahaya tapi dapat dicegah dengan vaksin. Jadi pastikan dirimu telah mendapat vaksin hepatitis.
* Syphilis
Penyakit ini sangat berbahaya dan fatal. Ditandai dengan kelainan kulit yang tidak nyeri. Penularan dapat melalui k ontak dengan penderita. Sifilis dapat menimbulkan komplikasi pada jantung, otak, dan korda spinal.
* HIV/AIDS
Penyakit ini ditandai dengan terjadinya penurunan sistem kekebalan tubuh dan timbulnya penyakit penyerta akibat mikroorganisme yang sebenarnya flora normal pada tubuh. Penyakit ini hingga saat ini belum dapat disembuhkan.

Komunikasi yang jujur dengan pasangan tentu merupakan pilihan bijak dalam mencegah penularan PMS. Tidak ada kata terlambat untuk tidak melakukan hubungan seksual ataupun setia pada pasangan seksual. Tidak melakukannya adalah pilihan paling aman, meskipun kondom dapat mengurangi risiko penularan.



Perlu diingat bahwa tidak semua alat kontrasepsi dapat mencegah penularan PMS dan AIDS. Kondom sering disebut melindungi penularan HIV atupun gonorea. Namun tidak ada bukti atau penelitian yang cukup yang menyatakan bahwa kondom dapat mencegah PMS lainnya. Dan perlu ditekankan, PMS yang ditularkan melalui hubungan seksual dapat pula ditularkan melalui anal ataupun oral. Jadi, Berhati-hatilah!!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Thank all ...